Labels

Novel (4) Resensi (4)

Wednesday, May 18, 2011

R003

Sampai Ia Menemukan Tempat Dimana Ia Harus Berada

Judul : Neverwhere

Sub judul : Kota Antah Berantah

Pengarang : Neil Gaiman

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit : Jakarta, Maret 2007

Jumlah Halaman : 440 halaman

Tebal buku : 20 cm

Rangkuman:

Richard Mayhew akan memulai kehidupannya di London. Awalnya semuanya berjalan dengan mulus. Ia punya pekerjaan, punya apartemen walaupun kecil, punya teman yang baik, dan punya tunangan cantik bernama Jessica.

Kehidupan Richard tampak tenang dan biasa-biasa saja sampai akhirnya ia bertemu seorang gadis bernama Door. Gadis ini tergeletak begitu saja di tengah jalan. Basah, berlumuran darah dan kedinginan. Richard tidak tahu bahwa setelah ia memutuskan untuk menolong gadis itu kehidupannya akan berubah 180o.

Semua uangnya hilang, apartemennya dihuni orang lain, pekerjaannya kandas, dan bahkan tunangannya sendiri tidak mengenalinya. Richard Mayhew telah jatuh ke London Bawah. Dimana tikus-tikus dihormati, ada pasar malam berpindah-pindah setiap beberapa saat, dimana sebuah gerbong kereta memiliki raja, dimana seluruh pengetahuan umum tidak berfungsi, dan dimana ada seorang malaikat yang dapat kau lihat, raba, dan ajak berbicara ada di ruang bawah tanah. Menanti untuk mengambil alih surga.

Richard Mayhew tersesat di dunia yang bukan dunianya. Ia hanya punya satu harapan. Dan harapan itu pun awalnya terpisah darinya.

Tanpa apa-apa ia berkelana di dunia itu. Ditemani Door, yang merupakan penyebab segala yang terjadi, Hunter, bodyguard profesional, dan Marquis de Carabas, penjual jasa yang licik dan lihai.

Perjalanannya dihantui ketakutan akan pembunuh bayaran dan masa depan yang tidak jelas. Namun dalam perjalanan inilah Richard mulai belajar untuk pantang menyerah dan percaya pada dirinya sendiri. Dan bahwa tidak ada monster, bahkan monster terkuat sekalipun, bahkan malaikat sekalipun, yang tidak dapat dikalahkan. Saya rasa itulah amanat yang dapat kita ambil setelah membaca novel ini.

Ceritanya dan alurnya menurut saya sangat menarik dan kreatif. Mengangkat kehidupan bawah tanah dari segi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Saya juga merasa banyak pengetahuan yang dapat kita ambil dari cerita ini. Dari pengetahuan umum sampai psikologi.

Bahasanya agak berat, tapi karena menarik saya tidak terlalu terganggu. Saya rasa semua orang yang dapat mengerti bahasanya boleh membacanya (Dewasa).

Di balik petualangan mendebarkan Richard ada sebuah petualangan lain yang tidak kalah penting... Petualangan untuk menemukan jati dirinya dan tempat seharusnya ia berada. Bukankah hal-hal itulah yang paling penting?

<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

No comments:

Post a Comment