Labels

Novel (4) Resensi (4)

Wednesday, May 18, 2011

R002

Sebelum Aku Pergi


Judul : Ways to Live Forever

Sub judul : Setelah Aku Pergi

Pengarang : Sally Nicholls

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Kota terbit : Jakarta, 2008

Jumlah Halaman : 216 halaman

Tebal buku : 20 cm


Rangkuman:

Buku ini berkisah tentang seorang anak laki-laki berusia 10 tahun bernama Sam Oliver McQueen. Buku berbentuk diari ini mencatat kehidupannya dari tanggal 7 Januari sampai 12 April. Berisi hari-hari terakhir kehidupannya yang mengidap penyakit leukimia. Itulah alasan saya menjuduli resensi ini “Sebelum Aku Pergi”.

Buku ini berisi kesan-kesan dan pendapat Sam dan temannya yang tak terlupakan, Felix Stranger, tentang kematian. Hal yang bagi sebagian besar orang dianggap tabu untuk dibicarakan.

Sam, yang bercita-cita untuk menjadi ilmuwan waktu besar nanti, tergelitik oleh saran gurunya pada suatu saat, untuk menulis. Iapun menulis tentang dirinya, keluarganya, sahabatnya, dan berusaha untuk menjawab berbagai “pertanyaan tak terjawab” yang muncul dalam benaknya, yang seiring berjalannya waktu mulai tersingkap.

Suatu hari, Sam menunjukkan tulisannya pada gurunya, yang lalu memperbolehkan dia dan Felix mencari jawabannya di internet. Sam dan Felix pun sedikit demi sedikit mulai berusaha memecahkan “pertanyaan-pertanyaan tak terjawab” itu. Dari penelitian mereka mengenai kematian semu, pendapat-pendapat mereka tentang mengapa Tuhan membuat anak kecil sakit, sampai usaha mereka bersama untuk mengabulkan semua keinginan Sam sebelum mati dari yang kelihatannya mudah sampai yang tersulit. Semua tertuang di buku yang kaya ini.

Memang ada bahkan banyak hal-hal sedih dalam buku ini. Namun isi buku ini tidak hanya hal-hal sedih saja. Buku ini juga berisi kekonyolan dan kenakalan Sam yang wajar untuk anak seusianya. Ini bukan jenis buku yang berisi puisi-puisi sedih dengan banyak gambar pelangi seperti yang ditakutkan ayah Sam. Tapi buku yang jujur, kaya, dan memesona dari seorang anak yang sadar 100% bahwa sebentar lagi dirinya akan mati.

Buku ini menarik dari awal sampai akhir. Kita dapat terharu olehnya tapi juga dapat tertawa membaca tingkah karakternya. Sangat menarik kalau membaca Sam yang awalnya hanya berangan-angan akhirnya dapat mewujudkan semua keinginannya. Semuanya. Tanpa kecuali.

Buku ini bagus. Bahasanya mudah dimengerti dan malahan menjurus ke bahasa sehari-hari. Saya rasa buku ini cocok untuk segala usia walaupun di cover belakang buku ini ditulis novel dewasa.

Buku ini membuka pikiran dan juga memotivasi. Juga memberikan pengertian kepada para pembacanya akan hal yang dianggap tabu, yang sebenarnya tidaklah tabu untuk dibicarakan. Kematian.

Kematian tidaklah selalu berarti hal yang menyakitkan ataupun menakutkan. Hal-hal itulah yang dapat saya simpulkan dari buku yang indah ini.




No comments:

Post a Comment